Cara Mudah Menjadi Blogger Profesional


Menjadi blogger sudah sesuatu yang lumrah di Indonesia. Menjelaskan tipe pekerjaan ini kepada orang lain tidak lagi sesusah awal-awal blog digandrungi, Saat ini predikat sebagai blogger mulai menjadi sesuatu yang prestisius dan malah membanggakan.

Menjadi seorang blogger itu gampang-gampang susah tergantung bagaimana kita menyikapinya dan tergantung juga bagaimana kita menjalaninya

Tentu dalam dunia blogging ada juga hal yang tidak mengenakkan. Ibarat pesepakbola, ada yang amatiran dan ada pula yang profesional, kalau saya sendiri ini di ibartkan masih Amatiran dan abal-abal.


Blog juga mengenal istilah ini. Hanya sedikit dihaluskan dengan sebutan newbie bagi pemula dan tentu saja blogger profesional bagi yang benar-benar konsen pada blognya.

Ada banyak macam blogger profesional, mulai dari blogger fashion, blogger traveler hingga yang lebih teknis juga banyak. Tidak sedikit pula yang beranjak dari blog sederhana menjadikan blognya startup dan kian besar.

Berikut admin mencoba memberi rumusan yang harus diterapkan seorang blogger jika mau menjadi blogger profesional, simaklah 13 Cara mudah menjadi blogger profesional

1.Punya Waktu Khusus Untuk Ngeblog

Bagi blogger profesional, waktu adalah segalanya. Waktu khusus untuk ngeblog tentu saja harus disiapkan untuk menjadi blogger profesional. Waktu ini digunakan bukan hanya untuk membuat konten yang menarik, tapi lebih luas dari itu.

Seorang blogger harus bisa membagi waktu antara menulis, berinteraksi dengan blogger lain, melakukan riset, blogwalking dan tak kalah pentingnya menggunakan sosial media. Hal ini penting untuk meningkatkan trafik. Buat apa konten menarik kalau tak ada satupun orang yang membacanya.

Soal berapa lama waktu ideal seorang blogger untuk mengurus blognya, itu kembali lagi ke individu blogger masing-masing. Ada yang hanya butuh waktu satu jam, bahkan ada yang harus berjam-jam. Ini tidak lepas dari jam terbang yang dimiliki sebagai seorang blogger.

2. Punya Keahlian Untuk di Share

Pada dasarnya, seorang blogger profesional tidak harus ahli dalam berbagai macam ilmu. Cukup satu tapi berkesinambungan. Itu jauh lebih baik, dari pada banyak keahlian tapi tidak fokus pada satu permasalahan.

Misalnya Anda sedang mengelola blog tentang traveling, maka Anda harusnya memiliki koleksi jalan-jalan yang banyak. Itu akan membuat Anda menjadi ahli dan setiap tulisan yang di publish di blog akan menjadi sesuatu yang berharga bagi orang lain.

3. Pilihlah Topik Yang Anda Sukai

Kesalahan banyak blogger pemula adalah mengusung tema blog yang sama sekali tidak ia sukai. Hanya karena blog orang lain sukses dengan tema tersebut ia pun mengikutinya. Alhasil, blognya disatu waktu mengalami kendala akan ditinggal begitu saja.

Akan jauh lebih baik, jika diawal ngeblog sudah memilih topik yang disukai. Karena minat yang tinggi pada satu topik akan membuat semua aktivitas menyenangkan. Dengan begitu, apapun kendala yang dihadapi akan dengan mudah dilalui. Ingat kata pepatah, buatlah sesuatu sesuai dengan hobbymu.

4. Punya Kemampuan Menulis Yang Baik

Blogger profesional selalu mengutamakan tulisan yang baik untuk dipublikasikan, Jadi jika ingin menjadi seperti mereka, mulailah membuat tulisan yang baik. Itu artinya, Anda harus terus belajar menulis yang baik, Jangan cepat puas dengan tulisan yang dihasilkan.

Penulis yang baik itu seperti apa?. Sebenarnya sederhana, penulis yang baik itu tidak harus bergaya seperti sastrawi, minimal tulisan yang dipublikasikan di blog memiliki tata bahasa yang baik, alur cerita yang jelas dan tentu saja, tulisan tersebut mudah dipahami oleh pengunjung

5. Harus Memiliki Kemampuan Teknis

Mau tidak mau, hal ini juga harus Anda kuasai jika ingin menjadi profesional. Memang tidak mesti menjadi ahli teknis yang profesional. Namun blogger, apalagi yang bekerja sendiri-sendiri dalam membangun blognya minimal mengetahui hal-hal dasar dalam mengurus teknis blog.

Karena blog itu berbasis content management software, maka dari itu hal yang sangat perlu dikuasai oleh blogger profesional adalah kemampuan dasar mengenai database, transfer domain, script, plugin, dan lain sebagainya. Hal dasar namun sangat penting untuk dilakukan sendiri.

6. Punya Pengetahuan Dasar Untuk Ngeblog

Mau tema blognya tentang fashion, travel, tanaman dan lain sebagainya. Pengetahuan dasar untuk ngelog juga harus dimiliki. Ini akan menunjang karir sebagai blogger profesional agar mudah memahami alur dan tata kelola yang baik sebagai seorang blogger.

Pengetahuan dasar yang minimal diketahui adalah bagaimana menjalankan blog dan sistem kerjanya. Kalau perlu pengetahuan tentang trackback, ping, SEO dan sebagainya akan juah lebih baik. Blogger profesional juga harus tahu memaksimalkan berbagai macam tools dan penggunaan sosial media.

7.Punya Kemampuan Menata Tampilan Blog

Desain blog yang baik sangat mempengaruhi kiprah seorang blogger di dunia maya. Sekali lagi, tidak harus ahli dalam tata kelola tampilan blog. Minimal mampu membuat tampilan yang ramah (nyaman) bagi pengunjung, cepat saat diakses dan sistem navigasi yang jelas biar pengunjung betah di dalam blog kita.

Dengan tampilan seperti itu, tentu akan membuat kesan yang baik bagi pengunjung. Karena tampilan blog tidak terlepas dari pengetahuan HTML, CSS dan sebagainya. Maka penting pula adanya seorang blogger menguasai hal ini, minimal tahu cara bagaimana mengoptimalkan tampilan blog.

8. Tahu Cara Mengoptimalkan Sosial Media

Saat ini, sosial media punya peran besar dalam interaksi sosial kita. Maka dari itu, seorang blogger juga seharusnya tahu bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan sosial media. Walau konten adalah segalanya, tapi distribusi yang baik juga tidak boleh di abaikan

Salah satu sosial media yang harus dioptimalkan adalah Facebook. Pengguna Facebook saat ini sangat besar. Ada perubahan pola interaksi sosial di Indonesia saat ini yang tidak boleh diacukan oleh seorang blogger. Banyak orang tidak lagi mencari informasi di Google melainkan didapatkan dari Facebook.

9. Harus Punya Kemampuan Manajemen Bisnis

Pengetahuan bisnis atau marketing juga harus dimiliki seorang blogger. Entah tipe blognya tentang apa, tapi hal ini penting. Karena dari kemampuan manajerial bisnis inilah kelangsungan hidup blog yang dikelola dipertaruhkan.

Semakin baik cara kita memasarkan blog, akan semakin besar pula peluang blog kita kebanjiran trafik. Trafik yang banyak tentu berdampak pada penghasilan yang banyak pula. Secara sederhana, blogger profesional harus punya pola pikir pebisnis jika ingin bertahan dari persaingan blog yang kian ketat.


10. Harus Kreatif dan Inovatif

Tidak ada satupun blogger profesional di dunia ini yang lepas dari dua hal ini, kreatif dan inovatif. Kreatif artinya seorang blogger harus memiliki daya cipta yang baik, sedangkan inovatif mengharuskan seorang blogger mampu menemukan hal-hal baru.

Jika kedua hal ini disatukan, maka yakin dan percaya, konten yang dihasilkan akan jauh lebih berkualitas. Jika seperti itu, Anda akan lebih cepat terkenal dan disenangi pengunjung. Kedua hal ini juga mampu memaksimalkan promosi blog dan cara memonetizasi blog yang lebih baik.


11. Punya Kemampuan Membangun Jaringan

Networking atau jaringan dengan sesama blogger sangat penting adanya. Blogger profesional pastinya memiliki jaringan yang luas. Bukan hanya kepada sesama blogger, lebih luas dari itu juga harus dimiliki. Minimal jaringan untuk pemasaran dan kerjasama jangka pendek dan panjang.

Membangun jaringan dengan sesama blogger akan memudahkan kita lebih cepat terkenal, apalagi kalau menjalin hubungan dengan blogger papan atas. Ada banyak tipe hubungan yang bisa dijalin, namun yang paling enak adalah membangun hubungan dengan win-win solution (tidak ada yang dirugikan).

12. Konsisten Dalam Membangun Blog

Banyak blogger, bahkan yang sudah lama membangun blognya menyepelekan hal ini. Ada banyak alasan seorang blogger tidak konsisten dalam membangun blognya. Salah satunya yang disebutkan diatas, yaitu tidak memiliki minat yang besar pada satu topik.

Blogger profesional, harusnya konsisten dalam mengembangkan blog. Karena dengan kerja berkesinambungan, lama kelamaan blog yang dikelola akan semakin besar dan kuat di dunia maya. Ada beberapa blogger yang karena merasa sudah sukses besar malah meninggalkan blognya begitu saja.

13. Punya Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Mengapa hal ini sangat perlu dimiliki oleh seorang blogger? Karena tanpa diduga-duga bisa saja suatu saat Anda akan dipanggil menjadi pembicara dalam satu seminar. Dimana Anda diharuskan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Hal ini telah berulang kali yang sering orang alami dan sangat penting untuk diketahui. Jika tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, menjadi pembicara disatu forum akan menjadi hal yang berat. Komunikasi yang penting pula dikuasai adalah bahasa Inggris. Oleh karena itu, mulailah upgrade kemampuan komunikasi Anda.


Setidaknya 13 hal itulah yang harus dimiliki dan dilakukan oleh seorang blogger jika ingin menjadi blogger profesional. Tentu beberapa hal diatas bisa dilakukan dengan meminta bantuan orang lain. Istilahnya menyewa orang untuk melakukan itu. Utamanya pada bagian teknis. Jika anda punya banyak waktu dan ilmu mungkin bisa dilakukan sendiri hehehe…

Itulah tadi sedikit informasi supaya bisa menjadi blogger profesional, Padahal saya sendiri masih amatiran dan blom propesional, siapa tau aja yang membaca ini nanti bisa jadi blogger profesional...Amin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menjadi Blogger Profesional"